Kembali ke atas!
  • LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Senin, 15 Februari 2016

Resensi Buku Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi

06.07 // by Alif Project // 3 comments

BAHASA INDONESIA
“Resensi Buku Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi”


DISUSUN OLEH :
Alif Purnama Shidiq             (11140910000129)
Dosen : Dewi Yanti, M.Pd
Kelas : TI.A



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2015
Resensi Buku Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi

Identitas Buku :
Judul                      : Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi
Penulis                   : Ahmad Bahtiar, M.Hum.
                                 Fatimah, M.Pd.
Editor                    : Dr. Nuryani
Penerbit                 : IN MEDIA
Kota Terbit            : Bogor
Tahun Terbit          : 2014
Deskripsi Fisik      : 130 hal.; 17 x 24 cm.
ISBN                     : 978-602-0946-26-9

Sampai saat ini, buku bahasa indonesia harus selalu terus diperbaharui. Perkembangan zaman lah yang menyebabkan ini terjadi, karena kerapnya muncul istilah-istilah baru di Indonesia. Bahasa Indonesia selain sabagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan juga sebagai bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan serta teknologi modern. Konsekuensi tersebut menjadikan bahasa Indonesia menjadi Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) di perguruan tinggi dengan tujuan tercapainya pemakaian bahasa Indonesia yang cermat, tepat, dan efisien.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut mahasiswa perlu dibekali berbagai keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Buku referensi mata kuliah Bahasa Indonesia yang digunakan oleh para mahasiswa yang telah ada selama ini lebih banyak aspek teoritis kebahasaan. Berdasarkan hal tersebut maka disusunlah Buku Bahasa Indonesia Umum ini sebagai referensi atau rujukan utama dalam perkuliahan.
Tujuan dari ditulisnya resensi ini adalah untuk melengkapi tugas UTS bahasa Indonesia dan juga memberikan penilaian terhadap buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi ini agar orang lain mengetahui apa kelebihan beserta kekurangan dari ditulisnya buku ini.

BAB 1
            Berisi mengenai sejarah awal adanya bahasa Indonesia yaitu pada saat sumpah pemuda pada tahun 1928 dan persistiwa penting yang mengandung arti sejarah dalam perkembangan bahasa Indonesia itu sendiri. Berisi pula alasan bahasa melayu menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Selain berisi sejarah dan peristiwa penting mengenai bahasa Indonesia, adapun menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia.

BAB 2
            Bab ini menjelaskan tentang ejaan dalam bahasa Indonesia, mulai dari pengertian dan sejarah ejaan, ruang lingkup EYD, dan cakupan EYD. Pada bab ini pada setiap materi dijelaskan dengan lengkap dan juga dilengkapi contoh dari setiap materi yang membuat pembaca ataupun calon pembaca dapat memahami materi dengan baik. Hanya saja pada materi ruang lingkup EYD tidak dilengkapi contoh, sehingga pembaca kurang memahami bagaimana materi tersebut digunakan.

BAB 3
            Pada bab ini membahas mengenai kalimat, mulai dari pengertian kalimat hingga kalimat efektif. Pada bagian buku ini yang menjelaskan mengenai ciri-ciri kalimat efektif lebih banyak cirinya dibandingkan dengan materi yang ada misalnya pada internet. Disini dijelaskan sekitar 8 ciri-ciri sedangkan yang lain hanya terdapat 7 ciri-ciri, hal ini membuktikan bahwa buku ini sudah menerapkan materi yang terbaru agar para pembaca lebih tertarik.

BAB 4
            Paragraf merupakan bagian karangan tulis yang membentuk satu kesatuan pikiran atau ide. Materi paragraf ini akan dijelaskan pada bab 4 beserta dengan materi lain yang masih berkaitan dengan paragraf seperti unsur paragraf dan lainnya. Sayangnya pada bagian teknik pemaparan paragraf tidak disertai dengan contoh yang dapat membuat pembaca lebih memahami materi yang dibuat.

BAB 5
            Bab ini menjelaskan mengenai perencanaan karangan, dimana dalam pembuatan karangan terdiri dari 3 tahapan, yaitu prapenulisan, penulisan, pascapenulisan (revisi). Selain tahapan dalam pembuatan sebuah karangan, ada pula menjelaskan dari manfaat perencanaan karangan, penyusunan, struktur, kerangka karangan formal dan lainnya. Pada buku ini dijelaskan suatu kerangka dalam membuat karangan formal, sehinnga dapat membantu pembaca dalam membuat karangan yang bersifat formal.

BAB 6
            Diksi ialah pilihan kata. Maksudnya memilih kata yang tepat untuk menyatakan sesuatu. Dalam diksi sendiri terdapat beberapa fungsi antara lain untuk mencapai target komunikasi yang efektif dan cara dari mengimplementasikan sesuatu kedalam sebuah situasi. Selain menjelaskan pengertian dan juga fungsi dari diksi, ada pula terdapat macam hubungan makna, dan makna kata. Dalam materi majas atau gaya bahasa hanya dijelaskan beberapa majas dan tidak dijelaskan majas itu termasuk kedalam majas jenis apa.

BAB 7
            Dalam penulisan suatu karya ilmiah ataupun suatu makalah yang baik, maka diperlukan berbagai notasi ilmiah berupa kutipan agar karya ilmiah tersebut lebih terlihat ilmiah. Kutipan sendiri merupakan pinjaman kalimat atau pendapat dari pengarang atau ucapan yang terkenal. Ada pula materi catatan kaki dan bibliografi. Pada buku ini pula dijelaskan bagaimana caranya mengutip sebuah sumber, membuat catatan kaki dan penyusunan bibliografi. Sayangnya pada bagian catatan kaki hanya dijelaskan bagaiman cara membuatnya, tapi tidak dibuatkan sebuah contoh dari materi tersebut.

BAB 8
            Konvensi naskah merupakan penulisan naskah karangan ilmiah berasarkan kebiasaan yang sudah disepakati. Pada bab ini lebih menjelaskan mengenai bagaimana format penulisan dalam membuat sebuah karya tulis. Namun format penulisan ini bergantung pula pada setiap perguruan tinggi. Format penulisan mulai dari ukuran kertas, organisasi karangan, pelengkap pendahuluan, abstrak dan penutup isi.

BAB 9
            Bab 9 ini membahas tentang bentuk pelanggaran dalam penulisan karya tulis yang disebut plagiarisme. Plagiarism itu sendiri merupakan tindakan mencuri gagasan, kata-kata, atau hasil penelitian orang lain tanpa persetujuan orang tersebut dan menyajikannya seolah itu merupakan karya sendiri. Namun pada jenis plagiasi hanya ada 4 jenis, sedangkan dari sumber yang berbeda terdapat hingga 6 jenisnya. Pada buku ini pula dijelaskan bagaimana cara menghindari tindakan plagiarism.

BAB 10
            Bab ini membahas mengenai transliterasi hurus arab-latin. Transliterasi itu sendiri merupakan pergantian huruf demi huruf dari abjad yang satu ke abjad yang lain. Dalam transliterasi arab-latin ini terdapat 2 manfaat, yaitu membantu umat islam yang belum paham bahasa arab, dan dalam bidang keagamaan khususnya studi islam. Disini dijelaskan secara lengkap rumusan pedoman transliterasi arab-latin seperti konsonan, vocal, maddah, syaddah, dan lainnya.



Kelebihan Buku
1.      Buku ini dilengkapi catatan kaki yang lengkap dan sesuai penulisannya dengan aturan penulisan catatan kaki.
2.      Kelebihan fisik dari buku ini adalah penggunaan kertas yang bagus, artinya bukan kertas hasil daur ulang yang kualitasnya kurang bagus. Pada cover juga terlihat menarik dimana menggunakan kombinasi warna putih dengan merah yang sesuai dengan bendera Negara kita, yaitu Indonesia.
3.      Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan juga sesuai dengan standar.

Kekurangan Buku
1.      Buku yang terlalu tipis, tetapi menjelaskan materi yang begitu banyak. Menyebabkan penyampaian materi tersebut disampaikan dengan singkat tanpa dilengkapi detail-detail dari tiap bab ataupun contoh-contoh materi.
2.      Tidak adanya latihan soal yang dapat mengasah kemampuan dari mahasiswa dan mahasiswi yang mempelajari buku ini.
3.      Tujuan penulis dijelaskan disini hanya dari sisi kegunaan bukunya, tapi tidak adanya tujuan dari materi buku yang ditulis ini.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, buku ini layak digunakan oleh para mahasiswa dan mahasiswi sebagai referensi atau pedoman mata kuliah bahasa Indonesia. Materi dari buku ini juga sudah merupakan materi terbaru yang sesuai dengan bahasa Indonesia.


Yaa untuk File Wordnya bisa anda download dengan meng-klik Download dibawah ini.

Semoga Bermanfaat.



Media Fire        DOWNLOAD

3 komentar:

  1. thanks atas ulasan nya, bisa jadi rujukan referensi

    BalasHapus
  2. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat. Apa saya boleh liat cover bukunya? Saya tidak dapat menemukan buku ini. Terima kasih

    BalasHapus